Minggu, 24 April 2011

Integrasi IDM pada Firefox 4

| Minggu, 24 April 2011 | 0 komentar

Menjelang akhir tahun 2010, Mozilla merilis versi beta dari Firefox 4. Saat pertama mencoba, saya menemukan kekurangannya, yaitu add-on IDM. Firefox 4 Beta belum mendukung add-on IDM. Bagi saya, add-on IDM itu nyawanya berinternet, terutama bagi yang hobi mengunduh. Karena untuk urusan unduh-mengunduh, IDM itu aplikasi pengatur unduhan paling jitu! Makanya, saya harus putar otak untuk mencari solusi agar bagaimanapun caranya IDM tetap terintegrasi dengan Firefox.
Setelah sekian jam berselancar di internet, dapat juga solusinya, yaitu FlashGot. FlashGot ialah add-on yang disediakan untuk Firefox, dan untungnya, mendukung Firefox 4. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pastikan dulu Anda sudah memakai IDM.
  2. Pasang add-on FlashGot pada Firefox 4. Tidak perlu dijelaskan kan?
  3. Pada add-on FlashGot, klik tombol Options untuk melihat opsi-opsi yag dapat diubah.undefined
  4. Pada tab General, ada label Download Manager. Nah, di sini, pilihlah Internet Download Manager.undefined
  5. Pada tab Menu, terserah pilihan mana saja yang mau dicentang. Tapi yang pasti, bagi yang suka menguduh video dari situs semacam YouTube, pilihan FlashGot Media harus tetap tercentang.undefined
  6. Pada tab Download, bisa disesuaikan. Intercept all download berarti semua ekstensi file yang terdaftar dari sebuah laman dapat diunduh. Sementara pilihan File Extensions berarti Anda sendirilah yang menetukan ekstensi-ekstensi mana yang dapat diunduh.undefined
  7. Karena tadi saya memilih FlashGot Media, maka pengaturan pada tab FlashGot Media juga saya sesuaikan. Saya memilih Default (Internet Download Manager).undefined
  8. Klik OK. Sekarang tahap penerapannya. Sebagai contoh, saya akan mengunduh video dari YouTube.
  9. Buka dulu halaman di Youtube yang berisi video yang akan diunduh. Pastikan videonya tidak rusak. Tekan tombol Ctrl+F7. Bagaimana? ^^
  10. Jika yang muncul malah sebuah jendela dari IDM, centang video yang benar-benar akan Anda unduh. Jika Anda kebingungan, lihat judul video pada kolom Link Text. Jika masih kebingungan, pastikan berkas yang Anda centang adalah berkas yang ukurannya paling besar. Klik OK.undefined
  11. Untuk mulai mengunduh, buka IDM. Berkas yang akan Anda unduh ada di daftar. Klik file tersebut, lalu tekan tombol Resume.undefined
  12. Itulah pengaturan dasar yang saya terapkan pada Firefox saya. (http://cahyoramadhani.wordpress.com/2011/02/17/integrasi-idm-pada-firefox-4/)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Chiklet

Followers

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com